Senin, 24 Juni 2013

Membina Hubungan Baik dengan Rekan Kerja di Kantor

Membina Hubungan Baik dengan Rekan Kerja di Kantor merupakan salah satu hal yang perlu kita lakukan. Kekompakan merupakan kata kunci dalam hubungan dengan rekan kerja. Mengapa kekompakan perlu ditegakkan di tengah-tengah lingkungan kerja? Setiap alur pekerjaan yang terjadi di dalam perusahaan tidaklah hanya dapat diandalkan pada satu orang saja. Semua karyawan saling terkait dalam berbagai bentuk kerjasama yang diperlukan guna mencapai sasaran yang ingin dicapai bersama. Struktur organisasi perusahaan pada dasarnya dibangun sedemikian rupa agar pekerjaan atau kegiatan antara bagian yang satu dengan bagian lainnya saling terkait.   

Tiga pedoman utama yang dapat dipergunakan adalah menjadi anggota kelompok yang baik, mengelola persaingan dengan karyawan lain secara bijaksana, dan selalu berpijak pada tata krama serta budaya yang berlaku pada lingkungan kerja dalam berbagai situasi.

Anda dapat menjadi anggota kelompok yang baik jika  menerapkan kejujuran dalam setiap perilaku, baik ke atas maupun ke bawah. Bersikap jujur merupakan mata uang yang berlaku di mana-mana. Rekan-rekan kerja hanya mau "menerima" Anda apabila kejujuran itu Anda perlihatkan secara nyata. Mengapa? Karena dengan kejujuran Anda mau mengakui keberadaan rekan kerja Anda, mengakui keterampilannya, memahami kelemahannya. Mengakui semua hal itu dengan jujur tentu akan membuat rekan kerja Anda pun menghargai dan menghormati diri Anda sendiri. Barangkali pengakuan itu tidak Anda nyatakan secara verbal, karena bisa saja ia menganggap apa yang Anda katakan itu berlebihan adanya. Tetapi sesekali pada waktu yang tepat Anda dapat melontarkan pujian, terutama menyangkut keberhasilannya menangani masalah-masalah rumit, sehingga ia merasa memang Anda memberikan penilaian yang jujur.

Sebaliknya bagi diri Anda sendiri, apabila terdapat suatu kesalahan, lebih baik akui secara jujur. Lebih baik kesalahan sesegera mungkin diakui, terutama dengan orang yang terkait langsung. Pengakuan seperti itu tidak akan meruntuhkan keberadaan diri Anda, malah sebaliknya membuat rekan-rekan kerja Anda semakin menaruh hormat dan menghargai diri Anda, walaupun tak terucap.

Bersikap jujur juga akan membuat sirkulasi pekerjaan akan berjalan lancar, sehingga memungkinkan terciptanya kerjasama yang padu. Misalnya ada seorang karyawan yang mencari suatu daftar, buku, laporan, disket, atau bahan lainnya yang sedang dibutuhkan berkaitan dengan tugasnya, kebetulan Anda mengetahui siapa yang menyimpannya maka ada baiknya Anda memberitahukan siapa yang menyimpan bahan-bahan tersebut. Apabila orang yang menyimpan itu mau mengakui secara jujur maka tentu sang karyawan tidak akan mengalami kesulitan mengerjakan tugas-tugasnya. Namun apabila sebaliknya maka tentu akan sangat mengganggu pekerjaannya, yang barangkali juga merembet ke pekerjaan orang-orang lain. 

Dalam kondisi demikian bisa saja terjadi perdebatan, karena setiap orang berusaha mempertahankan pendapat masing-masing, bahkan bisa menimbulkan pertengkaran. Hubungan antar rekan kerja pun jadi memburuk, dan dapat berkembang menjadi  "perang dingin".

Pada waktu menghadapi sikap agresif yang negatif dari rekan sekerja, dalam kondisi yang masih dapat diperbaiki, berusahalah untuk memahami alasan timbulnya agresifitas itu. Kemudian temuilah rekan kerja itu untuk berbicara dari hati ke hati sambil mencari solusi yang tepat. Namun dalam kondisi yang tidak dapat diperbaiki, lebih baik ambil "jarak yang sesuai" terhadap rekan itu, yaitu membatasi hubungan sebatas hubungan formal saja. Selanjutnya dengan rekan-rekan yang lain Anda dapat tetap mempertahankan sikap yang mantap, rasa percaya diri, sikap sopan, dan tampil seakan-akan tidak ada masalah berarti.

Demikian pula pada waktu menghadapi excessive talker (orang yang suka bergosip dan mencela orang lain), terutama pada saat Anda sedang sibuk mengerjakan tugas-tugas Anda. Manfaatkanlah bahasa tubuh Anda dengan maksud memberitahu bahwa Anda tidak ingin diganggu, misalnya melihat ke tumpukan file yang harus dikerjakan, mata tertuju pada monitor komputer, dan tidak memberikan tanggapan pembicaraan yang mengganggu Anda atau langsung meninggalkannya dengan memberi alasan singkat, misalnya katakan Anda hendak ke rest room.  

Hubungan antar rekan kerja biasanya tidak luput dari "persaingan", yang umumnya berkaitan erat dengan ketidakpuasan karyawan yang satu terhadap karyawan yang lain dalam menapaki jenjang karier masing-masing. Persaingan itu apabila tidak dikelola secara bijaksana akan merembet menjadi perilaku negatif.       

pedoman yang dapat Anda gunakan untuk menghadapinya adalah berperilaku selaras dengan tata krama dan budaya perusahaan yang telah disepakati bersama














2 komentar:

  1. Aku harus bersaksi tentang perbuatan baik dari Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Saya Husnah dan saya mengambil waktu saya keluar untuk bersaksi Ibu Amanda karena dia akhirnya menawarkan saya.
    Saya dan suami saya masuk ke utang yang sangat besar dengan Bank dan kami mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang meninggalkan kami bangkrut sampai saya datang di kontak dengan Ibu Amanda, yang menawarkan pinjaman. Sekarang kita telah akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa dari pinjaman. Anda dapat menghubungi dia hari ini untuk pinjaman apapun dan jumlah.
    Hubungi Ibu Amanda melalui salah satu email berikut. amandaloans@qualityservice.com atau amandarichardson686@gmail.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk arahan lebih lanjut ikmahusnah@gmail.com

    BalasHapus
  2. Hubungi kami:
                                                via BBM INVITE: {D8980E0B}
                                                  WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                    Tel .... (+ 44) 7480 729811

    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? Atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk menyediakan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus