Sabtu, 27 Juli 2013

6 Contoh SURAT LAMARAN KERJA dan Resume DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV), Untuk Melamar Pekerjaan

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, beserta Resume daftar riwayat hidup CV berikut tidak jauh beda dengan literatur lainnya tapi ada hal terpenting saat membuat lamaran kerja yaitu rapi, bersih, singkat, padat dan jelas. 
Surat Lamaran Kerja yang baik tentu akan mendapat nilai positif, misalnya kita bisa membuat kata katanya dengan sopan dan baik dengan tata susunan kata yang rapi dan tidak membingungkan.

Untuk melihat Contoh Surat lamaran kerja dan resume daftar Riwayat hidup - CV, ada dibagian akhir artikel ini, sebelumnya ada baiknya kita simak panduan cara membuatnya secara umum.

1. Data pribadi anda :

Nama Lengkap
Tempat dan Tanggal Lahir
Alamat
Telepon / HP
E-mail (tidak wajib)
Status Perkawinan


2. Pendidikan :
Pendidikan formal misalnya SD/SMP/SMA/Akademi/S1, dsb
Pendidikan non formal seperti halnya kursus atau pelatihan yang pernah anda ikuti

3. Pengalaman Bekerja :
Jika kita telah memiliki pengalaman kerja, sebutkan dalam surat lamaran, apakah sesuai dengan jabatan yang dilamar atau di bidang lain. Bila kita belum pernah bekerja sebaiknya menyebutkan kemampuan untuk jabatan yang dilamar berdasarkan kemampuan yang anda miliki

4. Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan :
Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
Foto copy Ijazah terakhir
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
Pas Foto terbaru
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib)
Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib)

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik saat menulis dan membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Impresif :
Tampilkan jati diri kita secara menarik. Isi surat hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah. Untuk Menarik minat calon atasan.
Kesan pertama sangat penting. Usahakan untuk menyusun surat yang ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita.

Menyebutkan kualifikasi yang diraih :
Prestasi kerja maupun pengalaman yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangka.

Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat :
Gunakan bahasa yang sederhana dan ringkas. Kita mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya dalam kesempatan wawancara. Untuk saat ini, buatlah penjelasan yang singkat tetapi efektif.

Kalimat yang efektif :
Hindari kalimat yang tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, yang persis seperti kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan kata sambung “yang” secara berulang-ulang dan berlebihan.

Bahasa Indonesia :
Jika tidak diminta, hindari penggunaan bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kita kurang baik. Jika bahasa Inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran berbahasa Inggris, yang tentu saja merupakan sebuah “nilai plus” bagi kita.

Tujuan dan alasan melamar :
Cantumkan tujuan dan alasan kita melamar. Biasanya tujuan yang sering disebutkan dalam surat lamaran adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yang memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, dan dengan bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan tersebut.

Kerapian :
Gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapi, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak. Jangan menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran mudah dibaca, dan hindari penggunaan tip-ex.

Tulisan tangan atau komputer ?
Lebih baik menggunakan komputer, kecuali perusahaan yang kita tuju mensyaratkan agar surat lamaran ditulis dengan tangan. Agar diperoleh kualitas tulisan yang setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan hindari penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yang tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New Roman untuk memberi kesan formal.

====================================================================
Contoh Surat Lamaran Kerja  1

Jakarta, 26 Maret 2013

Kepada Yth.
HRD Manager
PT. Bersaudara, Tbk.
Jl. Penjernihan Raya No. 2
Pejompongan
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini :
Nama                         : Agus Darwanto, SE
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 8 Mei 1980
Alamat                       : Petamburan RT. 02/09, Tn. Abang, Jakarta
No. Telp/HP               : 0812 987654321
Pendidikan terakhir      : S1 Akuntansi

Dengan ini mengajukan surat permohonan untuk bekerja di perusahaan Bapak/Ibu sebagai Accounting Manager.
Saat ini saya memiliki pendidikan Strata 1 yang memiliki korelasi dengan pekerjaan terkait, dan memiliki sedikit pengalaman sebagai Accounting Manager di salah satu Perusahaan terkemuka di Jakarta.

Dengan surat permohohan ini, saya menyatakan siap untuk memberikan waktu dan tenaga apabila di perlukan dan besar harapan saya untuk dapat mengikuti tes seleksi dan wawancara.

Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.


Hormat Saya



Agus Darwanto, SE

Lampiran Surat :
Daftar riwayat hidup
Fotocopy KTP (ID Card)
Fotocopy ijazah terakhir

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Contoh Surat Lamaran Kerja 2

Depok, 26 Maret 2013

Kepada Yth,
Manager Personalia
PT. Rejeki Makmur
Jl. Margonda Raya No. 72
Depok, Jawa Barat

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Rejeki Makmur, seperti yang dimuat di harian Monitor Depok pada tanggal 25 Maret 2013, dengan ini saya mengajukan diri untuk bergabung dalam Tim Marketing di PT. Rejeki Makmur. Adapun biodata saya  sebagai berikut :

Nama                        : Tubagus Zaini
Tempat / Tgl. Lahir    : Banten, 28 Februari 1979
Pendidikan Akhir        : SMK
Alamat                      : Grand Depok City Blok m-3, Tirtajaya, Depok
No. HP                     : 0817 987 65x
Email                        : tb_zaini@gmail.com
Status Perkawinan      : Single
Saat ini saya bekerja sebagai tenaga paruh waktu di PT. Angin Ribut. Saya senang belajar serta dapat bekerja secara mandiri maupun dalam sebuah tim dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :

1. Daftar riwayat hidup.
2. Foto copy ijazah SMK
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pass foto terbaru.

Besar harapan saya diberi kesempatan untuk mengikuti wawancara agar dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai profil serta skil yang saya miliki. Disamping data yang tertuang pada resume (daftar riwayat hidup), Saya juga memiliki pengalaman yang cukup dalam tenaga marketing dan seorang pekerja keras.

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, atas perhatian dan bantuan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



Tubagus Zaini
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Contoh Surat Lamaran Kerja 3
Untuk Posisi Tenaga IT (Informasi Teknologi)

Jakarta, 10 April 2013

Kepada Yth;
Bagian HRD
PT. Cyber Reksa Utama
Gedung Cyber Lt. 3
Jl.  KH. Abdul Rokhim
Mampang Prapatan
JAKARTA SELATAN

Dengan hormat,

Saya adalah mahasiswi jurusan Tekhnik Komputer di Universitas Gunadarma Depok yang telah lulus, dan akan diwisuda untuk menerima gelar Sarjana Tekhnik Informatika pada bulan Juli 2013.

Saat ini saya sedang mencari pekerjaan dalam bidang yang berhubungan dengan disiplin ilmu saya yaitu Database/Pemrograman dengan PHP MySQL untuk perusahaan yang berskala besar.

Selama berkuliah saya juga aktif menjadi Asisten Lab Komputer serta mengikuti kursus dalam bidang Database/Pemrograman dengan PHP MySQL untuk menambah skil dalam bidang IT yang saya miliki. Saya yakin dengan latar belakang pendidikan, pengetahuan dan keterampilan tersebut, akan dapat memberikan kontribusi yang cukup berarti bagi perusahaan Bapak.

Berikut saya lampirkan daftar riwayat hidup yang memuat rincian pengalaman dan kursus-kursus yang pernah saya ikuti. Saya sangat berharap dengan kualifikasi serta skil yang saya miliki akan mendapat perhatian yang baik dari Bapak, dan saya siap mengikuti test serta wawancara bila diberikan kesempatan.

Atas perhatian dan bantuan yang Bapak berikan saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya,



Syvia Valentina
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Contoh Surat Lamaran Kerja 4
Untuk Posisi Sekretaris (Administrasi)

Tangerang, 10 April 2013

Kepada Yth,
Bapak Kepala Biro Kepegawaian
PT.  Batan Teknologi
Jl.  Puspitek Raya Gedung 70
Kawasan Puspiptek Serpong
Tangerang Selatan 15310

Dengan hormat,

Sehubungan dengan iklan yang dimuat di harian Republika terbitan tanggal 7 Maret 2013 untuk posisi sekretaris,  bersama ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi tersebut.

Pada 21 April 2013 yang akan datang usia saya genap 23 tahun, pengalaman saya sebelumnya pernah bekerja paruh waktu pada perusahaan jasa pengiriman barang sebagai tenaga administrasi selama 2,5 tahun. Saya adalah lulusan Akademi Sekretaris dan Manajemen Indonesia (ASMI) lulusan tahun 2012, dan saya pernah mengikuti kursus-kursus dalam bidang kesekretarisan dan hubungan mayarakat di beberapa tempat terkemuka.

Berdasarkan pengalaman yang saya miliki, saya merasa mampu mengisi lowongan pekerjaan yang ditawarkan PT.  Batan Teknologi dan saya berharap bisa memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan disamping saat ini saya juga berdomisili di Tangerang Banten.

Pengalaman serta pelatihan kesekretarisan yang pernah saya ikuti tertuang dalam daftar riwayat hidup terlampir sebagai bahan pertimbangan. Juga saya lampirkan foto terakhir saya ukuran postcard.

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, saya sangat berharap Bapak bisa memberikan waktu kepada saya untuk melakukan interview serta test yang diperlukan. Atas perhatian dan bantuan yang Bapak berikan saya ucapkan terima kasih.

Saya harap Bapak akan mempertimbangkan lamaran ini, dan memberi saya suatu kesempatan untuk wawancara.


Hormat saya,



Sylvia
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Contoh Surat Lamaran Kerja 5
Surat Lamaran Kerja via Email - Online

To : retailbank.recruits@sitigrup.com
Cc : -
Subject : Operator Komputer

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi pada harian KOMPAS, tanggal 20 Februari 2012, bahwa PT Loker Indonesia membutuhkan beberapa operator komputer, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

nama : Jojon Joni Jontor
alamat : Jl. Ayo Maju No. 31 - Kali Banjir, Yogyakarta
tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 17 Juni 1983
pendidikan : STMIK Kom Yogyakarta (Teknik Informatika)

bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.
Bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan untuk dites dan diwawancarai.
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Jojon Joni Jontor
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Contoh Surat Lamaran Kerja 6
Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris

March 11th, 2012

Attention To:
Mr. Ahmad Albarian
PT. Setya Intermedia
Jl. Semangat No. 41
Bogor

Dear Mr. Albarian,

I am a graduate student in Computer Science at Padjajaran University, and I will be awarded an M.S. degree in July 2011. I am currently looking for a position related to Database/Graphics Package Design in the research and development department of a major company.

Before coming to Padjajaran University, I designed, supervised, and completed a CAD system. The function covers vector, character and curve generation, windowing, shading, and transformations.

At Padjajaran University, my research work involves Compilation of Relational Queries into Network DML. To enhance my background, I have taken some courses in computer graphics and database, and I have experience in and an understanding of the design of databases. With this background, I certainly believe that I am competent to meet challenging tasks and can make a good contribution to your company.

Enclosed is my resume, which indicates in some detail my training and experience. I sincerely hope that my qualifications are of interest to you and that an interview might be arranged at your convenience.

Thank you for your consideration. I look forward to hearing from you soon.
Sincerely yours,

Matt Cuttsaman.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Dalam membuat Surat Lamaran Kerja, biasanya juga disertai Resume daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae - CV) , berikut panduannya

Dalam membuat CV paling tidak berisi informasi mengenai :
1. Data Pribadi
2. Pendidikan
3. Pengalaman Kerja
4. Skill Yang Dimiliki
5. Training Yang Pernah Diikuti
6. Prestasi
7. Kegiatan Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan

Berikut beberapa contoh Contoh Membuat Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Contoh CV bahasa Indonesia
_____________________________________________________

DAFTAR RIWAYAT HIDUP



Data Pribadi

Nama                              : Niken Puspakencana
Tempat, Tanggal Lahir   : Jakarta ,06 Nopember 1982
Jenis Kelamin                 : Perempuan
Agama                            : Islam
Kewarganegaraan           : Indonesia
Alamat                            : Jl. Batu Tulis Raya No. 18
                                          Gambir,  Jakarta Pusat 10120
Telephon                         : 021 63855239 (rumah)
                                          0812 222 3334 (HP) 

Latarbelakang Pendidikan 

Formal
1991 – 1994 : SMP 24, Jakarta
1994 – 1997 : SMEA 8 Jakarta
1997 – 2001 : Yayasan Pendidikan Indonesia (Yapendik), Jakarta

Non Formal 
1994 – 1996 : Kursus Komputer di Bina Informatika Nusantara, Jakarta
1996 – 1997 : Kursus Bahasa Inggris di Berlitz English, Jakarta
2003 – 2003 : Kursus Pajak (Brevet A & B)  

Kemampuan 
 -Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills) Journal printing & Calculation, Ledger, Project Data Updating, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
-Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
-Sistem Perpajakan

Pengalaman Kerja
Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja di  : PT. Astra Internasional, Jakarta 
Periode                : April 1997 - June 1997
Tujuan                 : Persyaratan kelulusan SMEA 8 Jakarta
Posisi                   : Operator Administrasi
Rincian Pekerjaan: 
- Mengupdate data konsumen
- Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
- Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
- Menyiapkan tagihan

Bekerja di PT. Emasindo Sakti,  Jakarta 
Periode       : Januari 2002 - Mei 2005 
Status         : Karyawan Tetap
Posisi         : Staf bagian Finance
Rincian pekerjaan : 
- Mengelola kas kecil
- Melakukan surat menyurat bisnis
- Mengontrol persediaan peralatan kantor
- Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok
- Penggajian (payroll)

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya. 


Jakarta, 25 Agustus 2011

Niken Puspakencana

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Contoh CV berbahasa inggris
CURRICULUM VITAE


PERSONAL DATA

· Full Name                      : Septian Pramana
· Date & Place of Birth    : Jakarta, September 1st, 1974
· Sex                                 : Male
· Religion                         : Moslem
· Education                       : SMK


FORMAL EDUCATION

· SD Negeri 02 Slipi, graduated 1985
· SMP Negeri 15 Jakarta, graduated 1988
· SMKN 1 Jakarta, graduated 1991



JOB EXPERIENCE
· PT. Mitsubishi Electronic Components Bekasi
  From September, 10th 2001 – October 12th 2004 as Operator
· PT. Sucofindo
  From February, 20th 2005 – November, 7th 2005 as Supervisor
· Internet cafĂ© as Computer technician from 2006 until now.


SKILL
· Computer ( Install, Software, Hardware, Service and Maintenance )
· Microsoft Office
· Networking
· Blog

CONTACT
Address            : Jl. Irian No, 15, Menteng, Jakarta Pusat
Phone / HP       : 021 63856629 / 0812 1828 2930
Website             : http://septian_pramana.web.id | Email/FB : septipram@gmail.com


Sincerely yours,



Septian Pramana


demikian 6 Contoh SURAT LAMARAN KERJA yang baik, Beserta Resume DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) , 

Semoga Bermanfaat,dan Semoga Sukses....!





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar